Home Articles 4 Tips Sebelum Membeli PABX
4 Tips Sebelum Membeli PABX PDF Print E-mail

PABX kini telah menjadi alat yang di butuhkan untuk komunikasi dalam sebuah perusahaan atau kantor yang memiliki banyak pesawat telepon. Saat ini banyak kantor yang berkeinginan untuk membeli PABX untuk small business atau  untuk kantornya namun masih belum paham bagaimana cara membeli PABX yang tepat.

Dalam membeli PABX untuk kantor Anda, ada beberapa pertimbangan yang harus Anda ketahui yaitu Kapasitas PABX, Harga PABX, Fitur PABX dan Upgrade Sistem untuk PABX. Berikut ini akan kami berikan 4 Tips yang harus Anda ketahui sebelum membeli PABX berikut ini:

1. Kapasitas PABX

Hal yang dimaksud dalam kapasitas PABX adalah jumlah kebutuhan Anda dalam penggunaan PABX serta jumlah trunk line yang ada pada PABX. Trunk lines sering disebut juga sebagai CO Lines / Koneksi Public Switched Telephone Network untuk berkomunikasi dengan dunia luar.

Dan hal yang di maskud dengan Ekstension adalah jumlah telepon ekstensi yang akan dipasang di kantor. Untuk menentukan banyaknya CO Line tergantung pada banyaknya pos-pos penting yang memerlukan konektivitas langsung dengan telepon luar.

Jika kantor Anda memiliki aktivitas pemasaran yang tinggi sudah tentu Anda membutuhkan CO line yang lebih banyak di bandingkan dengan kantor yang hanya sekedar melakukan pengembangan produk. CO line dapat berbentuk Digital maupun analog.  Jumlah line untuk Analog Co line adalah konksi PSTN biasa dan jumlah CO line untuk digital biasanya dimulai dari 30 port digital.

Pertumbuhan masa depan organisasi dalam jumlah pegawai dalam jangka waktu tertentu adalah salah satu faktor penting dalam memilih Type dan Kapasitas PABX .

2. Kemampuan Upgrade PABX

Hal kedua yang harus di perhatikan dalam membeli PABX adalah kemampuan untuk di Upgrade atau kemampuan PABX dalam menambah kapasitasnya. Hal ini merupakan hal yang penting karena ada beberapa PABX yang tidak dapat di Upgrade kapasitasnya. Kemampuan Upgrade PABX merupakan hal yang penting bilamana Anda merupakan perusaahaan yang sedang berkembang.

Akan merepotkan jika Anda membutuhkan kapasitas yang lebih dalam penggunaan PABX, namun PABX Anda sebelumnya tidak dapat di upgrade. Selain itu pertimbangkan juga tentang biaya upgrade dalam pembelian PABX tersebut secara cermat, jangan sampai Anda terjebak dengan biaya upgrade yang tinggi.


3. Harga PABX

Harga PABX adalah faktor yang sangat penting dalam membeli PABX. Setiap orang pasti mencari harga PABX yang murah namun selain harga murah Anda juga perhatikan kualitas PABX tersebut. Selain dari harga PABX itu sendiri Anda juga harus memperhatikan harga komponen dalam sistem PABX seperti instalasi kabel, Backup Power Supply PABX, Penempatan dan sistem rank dan lain-lain.

Terkadang PABX yang lebih murah dengan konfigurasi dan beban yang sama, tidak dapat melakukan fungsinya dengan baik dibanding dengan PABX yang relative lebih mahal harganya. Biaya pemeliharaan sistem PABX dan dukungan vendor dalam pelayanan purna jual adalah hal lainnya yang juga harus dipertimbangkan.

4. Fitur PABX

Sekarang ini PABX telah memiliki berbagai fitur tergantung dengan jenis dan tipe PABX tersebut. Namun PABX yang baik ssetidaknya memiliki fitur yang tercantum di bawah ini:

  • Call transfer
  • Caller ID
  • Call Conferencing
  • Auto attendant
  • Call Forwarding

Untuk fitur canggih seperti pesan suara, CTI (Computer Telephony Integration) memang saat ini masih tinggi harganya tetapi CTI sangat berguna dalam penggunaan jangka panjang.


Dan jika Anda masih kesulitan atau belum memahami bagaimana membeli PABX yang sesuasi dengan kebutuhan Anda, maka Anda dapat mengkonsultasikan kebutuhan PABX Anda dan peralatan telekomunikasi kantor lainnya dengan menghubungi Indocomm disini.

 

Who's Online

We have 34 guests online