Home Articles Bingung Memperbaiki Extention PABX yang Mati? Ikuti 2 Langkah Ini
Bingung Memperbaiki Extention PABX yang Mati? Ikuti 2 Langkah Ini PDF Print E-mail
Friday, 27 February 2015 11:23

Dalam era teknologi yang semakin berkembang kebutuhan akan informasi yang tepat, cepat dan akurat sangatlah dibutuhkan, terutama jika Anda memiliki sebuah kantor dan membutuhkan ketepatan akan informasi yang didapatkan dan diberikan, tentu saja hal ini akan menjadi prioritas penting bagi Anda. Terlebih jika Anda sudah menggunakan PABX untuk membantu mempermudah komunikasi dalam bekerja, maka jika mengalami kendala yang terjadi, walaupun dalam relatif waktu yang singkat, namun hal ini bisa berdampak besar bagi kantor Anda, dan terutama untuk bisnis yang Anda jalankan.

Anda pasti menginginkan semua hal berjalan dengan baik, jika terdapat masalah yang terjadi bisa cepat diselesaikan secara profesional, tentu hal tersebut membutuhkan seorang mengerti seluk beluk masalah yang terjadi. Namun, jika Anda mengalami kerusakan pada mesin PABX Anda, jangan panik, karena Anda akan dibantu untuk mencari tahu apa yang terjadi pada PABX Anda Dengan bahasa yang mudah dimengerti dan sederhana dalam tips ini, Anda akan lebih mudah memahami cara penanganan yang tepat.

Sebelum memperbaiki kerusakan yang terjadi, ada baiknya Anda sudah mengenal dahulu apa itu PABX, jenis-jenis PABX, dan bagaimana cara kerjanya. Walaupun Anda tidak berkompeten dalam hal itu, namun jika ingin memperbaiki sesuatu, Anda memang diwajibkan untuk melakukan pengenalan dasar terhadap suatu komponen, sehingga dengan begitu Anda akan menjadi lebih mudah melakukan perbaikan dan poin tambahannya adalah tentu saja itu akan menjadi nilai plus untuk pengetahuan dan proses problem solving Anda.

Untuk memperbaiki masalah yang terjadi, seperti tidak berfungsinya Extention pada PABX, Anda bisa melakukan 2 langkah mudah dibawah ini :

 


Baca Juga : Apa Itu PABX dan Bagaimana Kerjanya?


1.     Lakukan Pemeriksaan Extention yang Terdekat



Bawa pesawat dan kabel line yang terdekat, lalu ganti dengan jenis yang sama dengan pesawat yang dibawa. Setelah itu lakukan pengetesan, apakah berfungsi atau tidak Extention pada PABX Anda? Jika berfungsi maka kemungkinannya adalah kesalahan pada penyambungan Connector. Segera ganti dengan Connector yang memang sesuai dengan sambungan line. Namun jika masih tidak berfungsi Anda bisa melanjutkan mencoba mengganti kabel line dengan yang lain, dan lakukan pengetesan ulang jika berfungsi maka bisa dipastikan bahwa terjadi masalah dengan kabel line Anda, namun jika masi belum berfungsi Anda bisa melakukan ke tahap selanjutnya.

 


2.     Lakukan Pemeriksaan Pada Port Mesin PABX dan Periksa Pesawat Key

 


Tahap ini Anda akan melakukan pengecekan secara mendetail, yaitu Anda dapat mulai dengan membuka “Top Front Conver” pada body PABX, lalu memeriksa Jack Port yang mengalami kerusakan, untuk lebih detilnya, Anda juga bisa melepaskan Jack Port tersebut. Langkah selanjutnya adalah memeriksa pesawat key, jika extension dapat berfungsi, maka Anda harus memeperiksa terlebih dahulu apakah sesuai dengan nomor extension yang mengalami kerusakan atau tidak.

Dengan demikian, dapat dipastikan masalah ada di kabel yang menghubungkan dari PABX ke titik di ruangan telepon terpasang. Untuk lebih detilnya, Anda bisa melihat ulasan tentang 4 Langkah Mengatasi Port Pada PABX Yang Mengalami Kerusakan yang pernah diulas. Namun, jika masih tidak berfungsi maka dapat dipastikan bahwa mesin PABX Anda rusak sehingga Anda harus mencari alternatif lain. Anda bisa membeli mesin PABX yang baru atau Anda bisa melakukan service pada PABX  lama yang tentu harganya bisa lebih mahal daripada saat Anda membeli mesin PABX yang baru.


Last Updated on Friday, 01 July 2016 14:16
 

Who's Online

We have 20 guests online