Home Articles Extention PABX Sulit Menghubungi Nomor Tertentu? Gunakan Langkah-Langkah Berikut ini
Extention PABX Sulit Menghubungi Nomor Tertentu? Gunakan Langkah-Langkah Berikut ini PDF Print E-mail
Friday, 27 March 2015 11:28

Dalam perkembangan teknologi telekomunikasi, pembahasan akan salah satu produk komunikasi seperti mesin PABX memang tidak akan pernah bosan-bosannya untuk dibahas. Terlebih bila Anda menggunakan alat ini untuk menunjang kebutuhan komunikasi yang terjadi dalam kebutuhan bisnis Anda. Sehingga jika Anda mengalami kendala teknis dalam mesin PABX yang digunakan, maka tentu komunikasi yang akan terganggu, dan ini akan menjadi masalah yang besar bila tidak segera diperbaiki. Oleh karena itu, pentingnya memastikan bahwa mesin PABX untuk selalu dalam kondisi yang normal memang harus sangat dijaga.

Permasalahan yang biasa terjadi dalam PABX salah satunya adalah Extention PABX sulit untuk menelpon keluar ataupun menghubungi nomor tertentu. Hal ini tentu akan sangat merugikan Anda, bila ada urusan deadline bisnis ataupun urusan penting lainnya maka reputasi bisnis dan kepercayaan yang Anda miliki akan dipertaruhkan, bila nomor Anda tidak bisa dihubungi oleh mitra ataupun client bisnis yang Anda miliki. Langkah yang bisa dilakukan untuk mempercepat proses indikasi masalah yang terjadi adalah dengan mengalisa masalah yang terjadi lalu mencari tahu sumber masalahnya. Apabila Anda memiliki masalah lain seperti PABX mati total, Anda bisa membaca ulasan tentang “Bingung Memperbaiki Extention PABX Yang Mati? Ikuti 2 Langkah Ini” yang pernah diulas secara lengkap. Namun bila Anda tidak mempunyai team ahli yang berkompeten dibidang PABX, maka artikel ini bisa Anda jadikan panduan untuk membantu menganalisa sekaligus memperbaiki masalah yang terjadi


1.     Periksa Nomor Setiap Extention yang Ada



Langkah ini bisa Anda lakukan untuk melakukan pengecekan terhadap line telepon internal Anda, apakah ada Extention internal Anda yang mengalami kerusakan atau tidak. Namun bila keadaan line dalam keadaan normal dan semua extention internal Anda bisa saling berkomunikasi tanpa ada masalah, maka bisa dipastikan bahwa sumber masalah bukan berasal dari mesin PABX Anda.

Baca Juga : Kenali waktu penggantian PABX kantor


2.     Periksa Pesawat Key Telephone yang Terhubung dengan PABX




Pastikan bahwa saat Anda melakukan pemeriksaan terhadap pesawat key telephone, Anda menekan tombol CO yang terdapat pada pesawat telephone, dan pastikan apakah terdengar dial tone atau nada pilih. Jika ada, coba pastikan dengan menekan salah satunya dan pastikan apakah ada kesalahan yang terjadi dalam line tersebut. Jika sudah, Anda bisa mencoba melakukan direct line untuk mesin faks sebagai hipotesa tambahan untuk memastikan masalah yang terjadi di dalam internal PABX atau di line provider. Caranya adalah dengan melakukan direct ke mesin faks yang satu line dengan PABX, jika anda mengalami kesulitan dalam melakukan direct line, maka masalahnya berada diluar PABX atau eksternal PABX tersebut yang mengalami masalah. Anda bisa menanyakan pada provider tentang masalah apa yang sedang terjadi. Namun bila Anda kesulitan ataupun bahkan tidak bisa melakukan direct line ke mesin faks, maka bisa dipastikan masalah berasal dari dalam mesin PABX Anda.

Solusi yang bisa Anda gunakan adalah menghubungi pihak supplier PABX tersebut, untuk memperbaiki kendala yang terjadi, atau Anda bisa mengganti mesin PABX yang rusak dengan mesin PABX yang baru di tempat yang mempunyai kualitas baik dan mempunyai pelayanan yang prima. Anda mungkin memilih untuk melakukan perbaikan pada mesin PABX Anda, tapi itu pasti sudah tentu akan membutuhkan waktu yang lama daripada dengan mengganti dengan mesin baru dan kondisi yang lebih optimal.

Last Updated on Friday, 01 July 2016 13:36
 

Who's Online

We have 23 guests online