Home Articles Awal Mula Ditemukannya Mesin Fax
Awal Mula Ditemukannya Mesin Fax PDF Print E-mail
Friday, 03 July 2015 14:39

Mesin Faks atau mesin fax seperti yang dikutip dari wiki, mempunyai nama asli Facsimile adalah sebuah teknologi komunikasi yang digunakan untuk mengirim dokumen penting dari satu perusahaan ke perusahaan yang lainnya hingga terlihat mirip dengan yang aslinya, mesin fax ini juga bisa digunakan untuk menyalin dokumen-dokumen penting lainnya dengan menggunakan jaringan telepon dan di transformasi ke mesin fax penerima yang bisa dicetak dengan menggunakan kertas. Fasimile berasal dari bahasa latin “fac simile” yang kalau di artikan ke bahasa inggris menjadi make simile, mempunyai arti dalam bahasa Indonesia sebagai salainan yang sama.

Pembuatan mesin fax pertama dilakukan oleh Alexander Bain fisikawan dari scotlandia pada tahun 1843, pada tahun itu juga ia langsung mematenkan ciptaannya tersebut. Awalnya, Bain hanya mengembangkan alat komunikasi yang pada saat itu di sebut telegraph. Penemuan ini yang membawa penemuan mesin fax. Mesin fax ciptaan Bain ini mempunyai prinsip jam kerja elektrik yang sebelumnya ia ciptakan.

 

Pengembangan Mesin Fax

 

Pengembangan tentang mesin fax ini kemudian di teruskan oleh Frederick Bakewell dengan desain dan beberapa perbaikan. Pada tahun 1851, di suatu pameran terbesar di London bakewell mencoba memperkenalkan penemuannya tersebut. Hasilnya negatif, penemuan yang ia perkenalkan masih lemah dan menghasilkan gambar yang buruk. hal ini bisa terjadi karena belum adanya penyesuaian sistem mesin fax. antara pengirim dan penerima.

Untuk mengirim faks, orang akan melampirkan selembar kertas untuk di masukan kedalam tabung, dengan posisi cetak menghadap ke luar. Ada sensor foto kecil dengan lensa dan cahaya. Sensor foto ini melekat pada lengan mesin dan selembar kertas. Bagian lengan ini bisa bergerak ke bawah dan ke atas melalui selembar kertas dari satu ujung ke ujung sebagai lembar yang diputar pada drum. Dengan kata lain, mesin ini bekerja seperti mesin bubut.

Shelford Bildwell, seorang penemu dari inggris mencoba meneruskan pengembangan mesin fax ini. Bildwell menyusun ulang suatu scanning phototelegraph, yaitu suatu telefaks pertama di dunia yang mampu mengirim dan menerima gambar yang bagus dalam bentuk dua dimensi. Alat ini terus mengalami perkembangan dari para penemu, dan para Ahli, hinnga pada tahun 1929, Rolf Hell menemukan hellschreiber, penemuan ini menjadi awal mula penemuan sistem mekanisme pengiriman dan scanning pada mesin fax yang berupa dokumen.

Selama beberapa tahun lamanya, mesin fax menjadi barang yang tabu, karena dikenal rumit, sulit, dan mahal hingga pada akhirnya Xerox memperkenalkan telecopier Magnafax pada tahun 1966. Mesin fax ini sangat mudah digunakan terlebih lagi mampu di hubungkan pada jaringan telepon. Mesin ini juga terkenal efisien waktu, karena hanya butuh waktu sekitar 6 menit  untuk mengirim dokumen. Mungkin kita menilai waktu tersebut terbilang cukup lama, namun pada jaman tersebut, hal itu merupakan suatu penemuan yang besar.

Mesin fax ini mulai banyak digunakan pada tahun 1970 karena dianggap sangat memberi manfaat. Negara yang sangat banyak menggunakan mesin fax pada saat itu adalah Jepang mengingat adanya kebutuhan penting dalam mengirim dokumen. Hingga pada akhirnya, mesin fax bisa menjadi sangat mudah ditemui dan dijangkau diberbagai belahan dunia karena makin banyak juga perusahaan yang memproduksi alat ini, seperti pada Mesin Fax Panasonic.

Last Updated on Wednesday, 29 June 2016 15:15
 

Who's Online

We have 24 guests online