Home Articles Sejarah Singkat Si Penemu Mesin Fax
Sejarah Singkat Si Penemu Mesin Fax PDF Print E-mail
Friday, 28 August 2015 13:47

 

Pada artikel sebelumnya, telah dijelaskan tentang Awal Mula Ditemukannya Mesin Fax dan juga sedikit info tentang penemunya. Ya, penemunya adalah Alexander Bain. Pada kesempatan kali ini, admin ingin memaparkan sedikit biografi tentang si penemu mesin fax dan jam elektrik ini, yang hasil penemuannya masih bisa kita nikmati sampai sekarang.

Alexander Bain terlahir pada bulan Oktober 1811, di Watten, Caithness, Skotlandia. Beliau termasuk salah satu asisten dari seorang yang telah menemukan telegraf listrik, Samuel Morse. Para ilmuan ini telah berhasil merangkai suatu alfabet khusus yang ada pada hasil ciptaanya yang kita kenal sebagai kode morse.


Menciptakan Mesin Fax

Alexander Bain melakukan percobaan selanjutnya yang terinspirasi dari telegraf listrik. Beliau mencoba meneruskan sinyal tulisan yang menjadi kode dalam sandi morse melewati sejenis kertas yang sebelumnya telah direndam kedalam suatu cairan kimia. Sinyal itu selanjutnya akan menjadi bahan kimia yang menguap hingga menjadi tulisan-tulisan yang mampu di baca sesuai tulisan sang pengirim.


 

 

Alat  yang diciptakan pada tahun 1843 ini beliau namakan dengan mesin fax. Namun, pada saat ini teknologi email pada internet lebih banyak digunakan oleh orang banyak, tapi tidak sedikit pula yang masih mempertahankan untuk menggunakan mesin fax ini, alasannya sederhana, karena sudah cocok dan terbiasa.

Pada awal mula launching-nya alat ini, harga satu unitnya bisa tembus sampai $500, dan Mesin Fax Panasonic yang mampu mengungguli pasar dunia pada saat itu. Namun seiring dengan adanya pembaharuan dan canggihnya teknologi, maka harga alat ini bisa turun harga sampai $50 atau sekitar Rp500.000,00, ditambah lagi alat ini sudah bisa digunakan juga sebagai printer, scanner, dan men-copy. Salah satu distributor yang menjual mesin fax ini adalah Indocommco.

 

Kepergian Bain

Sang penemu mesin fax ini telah berjasa banyak di dunia teknologi, temuannya menjadi suatu pioneer akan adanya internet fax. Kita harus berterima kasih kepada beliau dan juga para penemu yang telah menciptakan teknologi canggih yang masih bisa gunakan hingga saat ini. Alexander Brain tutup mata pada tahun 1877. Beliau menutup usianya di kota Kirkintilloch dan jasadnya disemayamkan di Pemakaman Old Aisle.

Setelah Bain pergi, beberapa industrik elektronik melanjutkan penemuan mesin fax nya sebagai alat komunikasi hingga zaman sekarang. Salah satunya adalah Mesin Fax Panasonic.

Last Updated on Wednesday, 29 June 2016 11:35
 

Who's Online

We have 11 guests online