Home Articles Mesin Fax Tetap Diminati Di Zaman Teknologi Maju
Mesin Fax Tetap Diminati Di Zaman Teknologi Maju PDF Print E-mail
Friday, 04 December 2015 14:21

Harus diakui bahwa di zaman era serba digital sekarang ini, mesin Fax sedikit demi sedikit berkurang pangsa pasar nya. Walaupun begitu, seorang pria berkebangsaan asal Amerika yaitu Jonathan Coopersmith yang menjabat sebagai profesor di Texas A & M University memprediksikan bahwa ternyata “jutaan orang masih menggunakan mesin Fax untuk kebutuhan sehari-hari baik itu di perkantoran atau pertokoan.“

 

Hal yang sama dikatakan juga oleh Nicolas Cintre seorang wakil direktur perusahaan dari Jepang yang  bernama Bruder yang bergerak dalam bidang mesin Faks. Nicolas berkata bahwa "Penjualan menurun secara teratur karena fungsi email, tetapi pasar masih bisa dikatakan sangat jauh dari menghilang,". Bruder sempat menjual 20 juta terminal Fax pada tahun 2005.


Hal ini dianggap oleh para tenaga kerja atau karyawan yang berumur lebih tua sebagai keuntungan, karena umumnya mereka lebih memilih menggunakan mesin Faks yang tidak terlalu sulit untuk mengoperasikan nya. Kepala Sagemcom Kanada yaitu Jean Champagne mengatakan bahwa mesin Fax sangat memungkinkan pengiriman dokumen yang sudah dibubuhi tanda tangan dan teruji keaslian nya, dan hal tersebut tidak bisa dilakukan dengan email.


Champagne juga mengatakan bahwa mesin Fax sangat teruji dan terpercaya dalam hal kerahasiaan dan keamanan, dan juga mesin Fax sangat diperlukan dalam bidang hukun dan medis, sehingga sangat mustahil untuk menyusup dan membajak transmisi dari mesin Fax karena dokumen tidak dapat dimanipulasi.


Eksistensi mesin Fax di Amerika

Untuk negara Amerika Serikat, mesin fax telah cukup banyak hilang dari pasaran. Perusahaan Xerox, yang membangun mesin Fax pertama untuk masyarakat umum di Amerika Serikat, berhenti menjual beberapa tipe model nya beberapa tahun yang lalu. Akan tetapi di Jepang, Fax masih digunakan secara luas. Mesin Fax bahkan digunakan oleh pemerintah pada tahun 2011 untuk menyebarkan beberapa informasi selama kecelakaan nuklir Fukushima.


Seperti Indocommco yang telah melayani penjualan mesin Fax Panasonic dan berbagai macam produk Panasonic lainnya semenjak tahun 1989, permintaan akan mesin Fax pun di Indonesia sangat pesat untuk berbagai instansi kepemerintahan dan perusahaan swasta ataupun pertokoan dagang.

Last Updated on Wednesday, 29 June 2016 14:01
 

Who's Online

We have 27 guests online