Home Articles Bagaimana Menekan Biaya Operasional Kantor? Coba Gunakan Cara-Cara Berikut Ini
Bagaimana Menekan Biaya Operasional Kantor? Coba Gunakan Cara-Cara Berikut Ini PDF Print E-mail
Wednesday, 24 May 2017 18:02

Sebuah kantor yang ideal tentu diharuskan memiliki berbagai fasilitas yang dapat menunjang kebutuhan kerja para karyawannya mulai dari tersedianya komputer, internet, mesin fotocopy, mesin fax, telepon, atk, dan berbagai lainnya.

Bukan tanpa sebab, jika karyawan tidak memiliki kelengkapan kerjanya hal ini akan mengganggu kinerja karyawan tersebut, dan bisa berdampak pada kerugian perusahaan.

Namun, Anda juga perlu mempertimbangkan mengenai pengeluaran yang dikeluarkan sebagai cost dari apa yang dilakukan. Apakah saat memeriksa laporan keuangan perusahaan terasa biaya operasional kantor begitu tidak wajar?

Jika Anda merasa ada yang salah dengan biaya operasional kantor, sebaiknya Anda gunakan cara-cara berikut ini agar biaya operasional bisa ditekan/diminimalisir.

 

1. Perhatikan Penggunaan Listrik & Air di Kantor

 

Biaya operasional biasanya membengkak karena berasal dari hal ini. Penggunaan listrik dan air kantor yang berlebihan dapat membuat tagihan listik menjadi mahal, Anda bisa memberikan instruksi untuk melakukan penghematan atau efisiensi pada sumber daya yang ada.

 

2. Batasi Penggunaan Fasilitas di Kantor

 

Terkadang ada para pekerja yang memanfaatkan fasilitas kantor seperti motor, mobil, telepon, atk hingga printer untuk menggunakannya sesuai dengan kebutuhan mereka sendiri. Padahal ini adalah hal yang tidak benar, karena apapun yang ada di kantor adalah kepunyaan kantor, dan bukan untuk digunakan secara pribadi, terlebih oleh karyawan sekalipun.

Anda bisa membuatkan aturan dan sanksi tegas apabila ada yang melanggar, hal ini berguna untuk menekan biaya operasional sehingga laporan keuangan perusahaan bisa lebih ideal.

Artikel lainnya: Inilah 3 Alat Pendukung yang Membantu Soft Skill Anda di Kantor

 

3. Mengurangi Jumlah Konsultan

 

 

Jika kantor Anda menggunakan lebih dari satu jasa konsultan, sebaiknya pertimbangkan dengan baik mana yang benar-benar diperlukan dan mana yang harus dipertahankan kerja samanya. Hal ini berguna untuk  mengatur kondisi keuangan perusahaan, gunakanlah uang perusahaan dengan bijak dan seperlunya.

Kalaupun ada konsultan yang memang jarang sekali Anda gunakan jasanya, sebaiknya pertimbangkan untuk menjalin kerja sama hanya saat Anda benar-benar membutuhkan bantuannya, jadi biaya operasional yang harus dikeluarkan juga bisa dihemat.

Akan lebih baik jika Anda memang memiliki kenalan seorang teknisi PABX atau komputer yang siap dipanggil ke kantor jika Anda membutuhkan bantuannya, dan biaya yang dikeluarkan juga lebih murah.

 

4. Kurangi Rapat di Luar Kantor

 

Rapat di luar kantor memerlukan biaya tambahan seperti akomodasi transportasi, biaya penginapan, biaya perjalanan, dll. Oleh karena itu jika Anda ingin melakukan rapat, sebaiknya lakukan saja di dalam kantor sehingga biaya operasional yang dikeluarkan bisa dianggarkan untuk keperluan yang lebih penting.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menghemat biaya operasional kantor Anda.

Last Updated on Wednesday, 24 May 2017 18:23
 

Who's Online

We have 25 guests online