Home Articles Mesin Fax Tetap Eksis Di Zaman Ini
Mesin Fax Tetap Eksis Di Zaman Ini PDF Print E-mail
Friday, 11 April 2014 13:20

 

mesin fax panafax

 

Mesin Faximile

Alat komunikasi merupakan sesuatu yang sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis dan industri. Salah satu alat yang menjadi primadona di jamannya adalah mesin faximile (fax). Namun, sekarang kepopuleran mesin fax tergusur oleh alat-alat yang lebih modern, sehingga produksi mesin tersebut telah dikurangi. Meski kini penggunaan mesin fax sudah jarang ditemui, mesin tersebut masih dibutuhkan dan digunakan oleh beberapa lembaga dan perusahaan.

Fungsi Mesin Fax

Meski telah kalah canggih dari teknologi internet, bukan berarti mesin fax sudah tak bisa digunakan lagi. Untuk mendukung pengiriman dokumen-dokumen penting, mesin yang populer di era 1990-an ini masih sangat dibutuhkan. Pengiriman dokumen memang lebih mudah dan cepat dilakukan jika dikonversi menjadi dokumen Word atau PDF. Meski demikian, ada beberapa jenis dokumen atau data yang tidak bisa dikirimkan dengan penggunaan teknologi internet.

Salinan dokumen perjanjian memang lebih efektif dikirimkan melalui email dalam bentuk PDF, namun tidak demikian dengan dokumen yang terdapat tandatangan persetujuan atau pengesahan di dalamnya. Untuk bisa dianggap legal, tandatangan persetujuan perlu disalin melalui mesin fax. Selain menjadi lebih legal, pengiriman dokumen dengan mesin fax juga mudah dan efektif tanpa memerlukan banyak biaya. Maka dari itu, masih banyak perusahaan yang masih mengandalkan mesin fax. terutama produk mesin faks Panasonic yang masih tangguh dan mempunyai resolusi 600 x 600 dpi sehingga dapat mencetak dokumen dengan resolusi 600 x 600 per inchi nya. Mesin faks ini juga sangat canggih sehingga memudahkan secara cepat cetak dokumen dengan hasil yang baik.

Keuntunggan Penggunaan Mesin Fax

Selain kemudahan dan keefektifan yang ditawarkan mesin fax, ada beberapa keuntungan lain yang bisa diperoleh. Dibandingkan pada era ketenarannya, persentase penggunaan mesin fax memang mengalami penurunan tajam. Hal ini berkaitan dengan kalahnya kecanggihan teknologi mesin fax, dibanding teknologi internet. Meski demikian, mesin fax memiliki kelebihan tersendiri yang membuat beberapa kantor masih menggunakan mesin tersebut.

Kelebihan utama dari mesin fax adalah kepraktisannya, karena merupakan gabungan fungsi telepon, printer dan scanner. Dengan satu alat, 3 jenis manfaat bisa diperoleh. Tak kalah dengan teknologi yang lebih maju, mesin fax bisa menyalin berbagai macam jenis dokumen, serta mengirimkan dan menerima dokumen penting. Demikianlah alasan kenapa mesin fax masih digunakan di era yang sarat dengan kemajuan teknologi ini. Jika anda ingin memperoleh keefektifitasan dalam pengiriman dan penerimaan dokumen, anda bisa membeli mesin fax yang teknologinya telah dikembangkan.

Last Updated on Monday, 14 March 2016 16:53
 

Who's Online

We have 120 guests online