Home Articles 3 Alasan Pentingnya PABX
3 Alasan Pentingnya PABX PDF Print E-mail
Friday, 25 September 2015 13:29

Sejatinya, Komunikasi adalah suatu hal terpenting dalam menjalin hubungan antar sesama manusia agar kerja sama bisa dilakukan. Namun, seiring berkembangnya jaman, ada berbagai macam alat komunikasi yang bisa digunakan oleh setiap orang dalam skala kecil, dan dalam skala yang besar seperti sebuah perusahaan, alat komunikasi menjadi sesuatu yang vital dan memang dibutuhkan.


 

Pada artikel sebelumnya telah di jelaskan mengenai Apa itu PABX dan Cara Kerjanya. Namun, alasan mengapa PABX ini menjadi suatu alat yang penting untuk digunakan pada suatu perusuhaan masih terasa tabu, bahkan bagi orang-orang awam seperti kita belum mengetahui seberapa pentingnya penggunaan alat ini. Padahal, bukankah masih ada alat komunikasi lain yang bisa digunakan seperti telepon, handphone atau bahkan Mesin Fax Panasonic sekalipun bisa melakukannya, bukan? Ya, alat tersebut memang masih bisa digunakan sebagai alat komunikasi yang penting untuk sebuah perusahaan, namun apakah alat itu bisa dibilang efisien dan ekonomis? Jawaban nya tentu tidak, dibutuhkan biaya bulanan agar alat tersebut bisa digunakan secara otomatis, sehingga tidak bisa dikatakan ekonomis dan efisien. Satu-satunya jawaban dari permasalahan tersebut adalah PABX. PABX menjadi suatu alat komunikasi penting dan menjadi primadona bagi para pengusaha yang memiiliki perusahaan besar, kenapa? Karena PABX mampu menjawab pertanyaan diatas. PABX menjadi alat komunikasi yang efisien dan ekonomis, bukan hanya itu, bahkan PABX mampu memberikan fleksibilitas bagi penggunanya. Pada kesempatan kali ini, mari kita bahas tentang pentingnya alat ini bagi sebuah perusahaan dalam skala yang besar berdasarkan aspek efisien, ekonomis, dan fleksibilitasnya. Sehingga PABX bisa memberikan fungsi lebih untuk penggunanya.

 

Sistem PABX pun memiliki beberapa/banyak sambungan kabel yang mengarah pada sebuah switchboard. Itulah sebabnya mengapa ada istilah "branch" dalam kepanjangan PABX, karena "branch" atau cabang ini mengacu kepada banyaknya sambungan yang dihubungkan ke PABX. Alat PABX merupakan teknologi yang canggih karena dapat digunakan sebagai telepon, modem dan mesin fax, serta bisa digunakan sebagai alat komunikasi internal karyawan di kantor.

 

Pentingnya alat komunikasi PABX

 

1.    Efisien

 

Seperti yang sudah kita ketahui dari artikel sebelumnya dan mengutip dari Wikipedia, PABX adalah Private Automatic Branch eXchange. Istilah branch digunakan karena mengacu pada banyaknya cabang kabel yang digunakan oleh alat ini. Alat ini bisa dikatakan ekonomis karena alat ini bisa digunakan dalam 3 fungsi dalam waktu yang bersamaan, yaitu sebagai telepon, modem, dan mesin fax. Bisa dikatakan efisien karena dalam 1 alat Panasonic PABX, kita bisa memanfaatkannya dengan 3 kegunaan langsung, yang otomatis akan mempercepat kinerja dan waktu yang digunakan pun bisa dihemat jika menggunakan alat ini. Jadi, tidak heran jika para pengusaha memanfaatkan alat ini sepenuhnya sebagai suatu alat komunikasi yang efisien.

 

2.    Ekonomis

 

Bisa mendapatkan 3 fungsi dalam 1 alat saja, menjadikan PABX suatu alat komunikasi yang ekonomis karena tidak membutuhkan mesin fax dan modem. Tidak hanya itu, alat ini semakin menjadi primadona bagi para pengusaha karena PABX menggunakan jaringan komunikasi seperti WLAN, LAN, juga Voice Over Internet Protokol, maka tidak membutuhkan biaya bulanan lagi untuk melakukan pangilan atau berkomunikasi antar sesama karyawan perusahaan, hanya melakukan satu sentuhan yang sudah diatur untuk memanggil beberapa nomor yang telah disimpan, maka PABX akan melakukan tugasnya. Bahkan ada lagi jenis PABX yang lebih ekonomis, yaitu IP PBX yang menggunakan IP (Internet protokol) sebagi jaringannya.

 

3.      Fleksibel

 

PABX memiiki keunggulan Hybrid System. Hybrid system ini adalah sistem yang dapat mengintegrasi IP data Network dengan mudah dan tidak repot.  Hal ini lah yang mampu menarik para pengusaha-pengusaha besar untuk mengidolakan alat konunikasi ini, karena ketika perusahaan sedang berkembang, maka perusahaan bisa menambahkan jumlah extension yang ada mulai dari 8  extension hingga menjadi 256 extension dengan menggunakan DXDP.


Kesimpulannya, PABX mampu menggaet para pengusaha besar maupun menengah untuk memiliki dan memanfaatkan alat PABX ini, karena dapat memiliki peran aktif atas berdiri suksesnya suatu perusahaan menjadi suatu perusahaan yang besar melalui komunikasi yang baik melalui alat PABX.

Last Updated on Wednesday, 29 June 2016 15:19
 

Who's Online

We have 36 guests online