Home Articles Inilah Peralatan Presentasi Dari Generasi ke Generasi
Inilah Peralatan Presentasi Dari Generasi ke Generasi PDF Print E-mail
Friday, 03 February 2017 14:09

Presentasi merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan baik itu dalam dunia bisnis maupun media pembelajaran. Dan seiring berkembangnya teknologi, kita perlahan sudah meninggalkan peralatan konvesional yang sederhana seperti papan tulis dan mulai beralih ke peralatan yang praktis dengan memanfaatkan peralatan berbasis komputer. Namun tahukah anda? Bahwa peralatan berbasis teknologi mengalami perubahan dari masa ke masa? Apa saja kah peralatan-peralatan tersebut? Berikut ulasannya.

1. OHP

OHP atau akronim dari Over Head Projektor adalah jenis perangkat keras sederhana yang berbentuk sebuah kotak yang bagian atasnya sebagai landasan yang luas untuk meletakkan transparansi yang berisi tulisan-tulisan, baik itu materi pengajaran atau yang lainnya.

Sekarang? Penggunaan OHP sebagai media pengajaran atau presentasi tidak lagi menjadi pilihan. Sebab fungsinya sudah digantikan oleh alat lainnya. Belum lagi untuk bahan materinya, kita harus mempersiapkan materi di lembar transparan dengan menulis terlebih dahulu dan banyak kelemahan lainnya dari alat ini.

 

2. Proyektor

Proyektor adalah sebuah alat optik yang digunakan untuk menampilkan gambar di sebuah layar proyeksi.  Sejauh ini ada banyak jenis proyektor yang dijual dipasaran, misalnya proyekto digital, proyek LCD, Proyektor CRT, Proyektor DLP dan masih banyak lagi sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Penggunaan proyektor baik untuk media pembelajaran, pelatihan maupun presentasi menjadi hal yang umum dilakukan. Tapi tak ada gading yang tak retak, terdapat cukup banyak kelemahan-kelemahan yang ada pada beberapa jenis proyektor, seperti borosnya penggunaan listrik, view angle yang kurang luas dan sebagainya.

 

3.  Panaboard

Panaboard merupakan papan tulis elektronik yang dapat merubah serta memodifikasi suatu gambar ataupun teks, menghapus image dan teks, memperbesar materi, menambahkan efek dan lain sebagainya.

Biasanya, Panaboard digunakan untuk media belajar mengajar serta kegiatan bisnis seperti presentasi, rapat dan lain-lain. Anda tidak perlu menggunakan PC untuk menggunakan alat ini. Jika anda ingin menyimpan materi presentasi yang sudah ditulis, maka anda bisa melakukannya secara otomatis. Alat ini juga bisa mencetak materi yang sudah disampaikan. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai apa manfaat dari Panaboard, anda bisa membacanya di artikel yang berjudul “Manfaat Panaboard Untuk Keperluan Kantor”.

 

Karakteristik perkembangan teknologi adalah dinamis. Seiring berjalannya waktu, akan ada banyak peralatan yang mampu menggantikan peralatan sebelumnya. Dengan memanfaatkan alat teknologi tercanggih saat ini, maka kemudahan pun akan anda dapatkan.

 

Who's Online

We have 36 guests online